Sukai Info PMB 2017
Powered by: Vlog PMB
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Membuat Mail Merge Dengan Tabel Microsoft Access

Cara Membuat Mail Merge Dengan Tabel Microsoft Acess - Selamat sahabat semuanya malam ini saya akan memposting lagi tentang Cara Membuat Mail Merge Dengan Tabel Microsoft Access. Karena sebelumnya kita telah membahas hanya Cara Membuat Mail Merge Saja yang menggunakan tabel di microsoft word. Jadi kali ini kita akan melanjutkannya Cara Membuat Mail Merge Dengan Tabel Microsoft Acess sebagaimna janji saya diakhir kalimat pada postingan Cara Membuat Mail Merge. Sebenarnya tidak jauh berbeda cara membuat mail merge dengan tabel di microsoft word dengan menggunakan tabel microsoft access hanya saja kita membuat tabel langsung dahulu di microsoft access kemudian nantinya kita panggil tabel microsoft access ini dari mail merge microsoft word. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Access

  • Start
  • All Program
  • Microsoft Office
  • Microsoft Access disini saya memakai microsoft acces 2010 dan sama saja dengan microsoft 2007.
  • Ganti file name dengan nama sesuka sahabat
  • Kemudian klik logo folder tersebut untuk dimana kita akan menyimpan file nantinya. Silahkan cari lokasi penyimpanan file misalnya di D:/ dan dimana yang sahabat sukai asalkan nantinya bisa dicari lagi folder tersebut.
  • Klik create untuk memulai membuat tabel.
  • New-->click to add untuk membuat nama kolom tabel. Misalnya nama,alamat,email. Silahkan isi 
  • Pilih view disebelah kiri atas sudut jendela.
  • Silahkan buat nama tabelnya.misalnya data nama teman.
  • Kalau kita tidak membutuh number maka hapus ID tersebut dengan cara klik kanan pilih delete row pilih yes
  • Klik pada teks..dan silahkan atur banyak karakter yang akan ditampungya misalnya dibatasi hanya 25karakter saja. caranya coba lihat dibawahnya ada general dan lookup silahkan ambil general. aturlah barapa karakter yang akan didukungnya.
  • Setelah selesai klik view.
  • Silahkan lengkapi data yang telah ada misalnya nama : andi alamat :padang dan sebagainya sesuai dengan banyak kolom yang sahabat sediakan.
  • Silahkan disimpan.
  • Selesai untuk membuat tabel pada microsoft access.


Cara Menghubungkan mail merge dengan tabel microsfot access.

  • Buka microsoft word sahabat baik itu 2007 atau 2010 dan juga bisa 2013.
  • Silahkan buat datanya sesuai dengan cara sebelumnya yang  kita telah pelajari  silahkan lihat lagi disni
  • Langsung saja buka microsoft word nya disini saya memakai word 2010, sebenarnya word 2007-2013 sama saja tidak jauh beda.
  • Ketiklah Nama kemudian Enter
  • Ketiklah Alamat Enter
  • Ketiklah tanggal lahir.
  • Pilih menu mailings
  • Pilih start mail merge
  • Pilih steep by steep mail merge wizard
  • Steep 1 of 6 pilih next
  • Next recipients
  • Pilih Browse.
  • Silahkan cari lagi data tersimpan atau tabel yang dibuat pada microsoft access tadi.
  • Pilih data tersebut dan klik Ok.
  • Kemudian letakan kursos di depan Nama |  kemudian pilih menu insert merge field sesuaikan dengan yang ada. jika nama maka pilih nama dan begitu dengan yang lainnya.
  • Pilih preview result dan akan tampil nama yang telah kita input kan tadi..silahkan pilih next untuk data selanjutnya. dan klik finish
  • Selesai semua nya silahkan pilih next dan next sampai selesai.jika ingin print klik print dan preview

Ok sahabat jika ada yang tidak dipahami silahkan tinggalkan komentarnya. Itulah cara Membuat mail merge dengan tabel microsoft access. Dan cara untuk microsoft exel hampir sama saja perbedaannya hanya pada pembuatan tabel saja.