Sukai Info PMB 2017
Powered by: Vlog PMB
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Sejarah Bluetooth

Sejarah Bluetooth - Selamat siang semuanya kita bertemu lagi pada postingan mengenai Sejarah Bluetooth. Sahabat pasti tahukan mengenai Bluetooth ? setiap seluler  dan laptop yang versi tercanggih pasti ada fasilitas bluetooth nya dan tentunya kita juga harus tahu Sejarah Bluetooth itu sendiri.

Nama bluetooth berasal dari kata nama raja di akhir abad ke sepuluh yang bernama Harald Blatand. Dan  di inggris juga di juluki Harald Bluetooth karena giginya yang berwarna gelap. Dia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku nya yang dahulunya berperang serta termasuk suku yang daerah sekarang yang bernama Norwegia Swedia bahkan wilayah Scania di Swedia tempat bluetooth ini ditemukan yang termasuk daerah kekuasaannya. Raja tersebut mampu mempersatukan alat mirip dengan teknologi bluetooth yang kita pakai sekarang yang bisa menghubungkan berbagai macam peralatan seperti telepon genggam, komputer, printer dan device lainnya yang mendukung teknologi bluetooth saat ini.

Bluetooth merupakan teknologi tanpa menggunakan kabel yang disebut dengan nirkabel sehingga saling terhubung  untuk dapat melakukan komunikasi atau pertukaran data dan informasi antar peratalan yang terkoneksi. Bluetooth beroperasi pada frekuensi 2.4Ghz dengan menggunakan sebuah frekuency hopping traceiver yang mampu melayani komunikasi data dan suara real time host-host bluetooth dengan jarak yang terbatas sekitar 10 meter. Bluetooth merupakan card yang menggunakan frekuensi IEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan transfer data yang rendah dibandingkan card wireless local area networ atau WLAN

PICONET merupakan komunikasi antar peralatan bluetooth yang akan menghasilkan sebuah jaringan bluetooth. Piconet paling sederhana terdiri dari dua buah peralatan bluetooth dimana salah satu modul sebagai master atau servernya dan yang satu lagi dinamakan slave atau clientnya maka koneksi tersebut dinamakan point to point. Satu master atau server bisa memiliki lebih dari satu koneksi secara bersamaan yang dinamakan point to multipoint yang merupakan bagian dari piconet yang saling berkomunikasi untuk membuat sebuah jaringan baru yang dinamakan scatternet. Scarnet adalah sebuah peralatan yang hanya dapat menjadi master atau server dalam satu piconet.

Bluetooth ini dibentuk oleh lima perusahaan besar yaitu Ericcson, IBM, Nokia, dan Toshiba membentuk sebuah grup SIG yaitu Special Interest Group yang meluncurkan proyek ini. Pada tahun 1999 bluetooth versi 1.0 diluncurkan  bulan Desember 1999 kemudian dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan empat promotor baru yaitu 3com, lucent technogles, microsoft dan motorola. Pada saat sekarang ini lebih dari 1800 perusahaan telah bergabung diberbagai bidang dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi buletooth. Standar bluetooth saat ini adalah IEEE 802.15.


Baik sahabat itu dia dari sejarah bluetooth semoga dengan tulisan ini sahabat bisa dan telah mengetahui asal jadinya sebuah teknologi bluetooth ini. Terimakasih telah membacca halaman blog Ilmu Pengetahuan Teknologi Dan Informasi ini semoga memberikan informasi yang sangat bermanfat dan jangan lupa like fanspage faceook halaman ini serta tinggalkan komentarnyan yang relevan.Terimakasih telah membaca artikel tentang Sejarah Bluetooth.