Sukai Info PMB 2017
Powered by: Vlog PMB
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Cara Mengatasi masalah dan solusi dalam membuat sebuah jaringan komputer

Ada beberapa Cara masalah dan solusi dalam membuat sebuah jaringan komputer sehingga bisa saling komunikasi dibawah ini adalah masalah yang timbul dalam komunikasi data jarak jauh dan bagaiamana solusinya :
  • Kita menyewa kabel telekomunikasi seperti telkom
berarti dalam komunikasi data jalur komunikasi ini, kita membutuhkan alat yang namanya modem.Yang mana fungsi dari modem itu sendiri ada 2 :
  • Untuk merubah sinyal digital ke analog
  • Untuk Merubah sinyal analog ke digital
contoh : dari telkom/komputer mengirim sinyal digital yaitu 1 dan o maka dalam pengiriman kita menggunakan sinyal analog atau gelombang dalam kabel telkomunikasi tersebut makanya dari komputer sumber harus mempunyai modem yang fungsinya merubah sinyal digital dari komputer sumber menuju ke komputer tujuannya

Dan komputer tujuan tentu juga membutuhkan merubahkan sinyal analog yang dikirim melalui kabel tersebut menjadi sinyal digital lagi maka kita membutuhkan modem merubah sinyal analog ke sinyal digital.Dengan ada nya modem tersebut maka komunikasi akan lancar

Tapi........


Ada menimbulkan masalah diantaranya :
  1. Sulit merentang kabel karena jarak sangat jauh sekali dari lokasi sumber ke pusat
  2. Tidak amannya kabel.sebab dengan jarak jauh tersebut pasti kabel yang direntangkan sejauh itu tidak akan aman
  3. Mahalnya biaya,tentu makin jauh kita dari pusat kabel semakin panjang dan tentu membutuhkan kabel yang sangat banyak,sedangkan kabelnya sangat mahal sekali.

Solusinya sebb :

  • Kita menggunakan pengantar gratis yaitu udara.kita mengirim sinyal lewat udara.tapi kita juga membutuhkan radio untuk merubah sinyal digital ke analog dan merubah sinyal analog ke digital sama fungsinya dengan modem diatas.Sebab radio ini akan mengirim gelombang mikro atau analog ke tegangan listrik 5volt atau sinyal digital.nama jaringan disebut nirkabel/tanpa kabel atau lebih trandnya wireless.
Tapi.............

tetap juga  ada maslah sebagai berikut :

  1. Line of sight yaitu radio satu dengan yang satu lagi harus garis lurus dan tidak boleh ada hambatannya
  2. Jarak maksimal 20km.tentu sangat terbatas sekali jika antar propinsi 
  3. Data murah rusak karena debu,panas terik matahari,hujan lebat.


  • Dan solusi terkahir kita menggunakan VSAT[ very small aperture teriminal ] yang mana disebut dengan satelit dan aja juga satelit sejenis IM2.

Satelit ini kita harus punya antena penangkap sinyal yang dikirim dari pusat.cara kerja dari system tersebut adalah dengan memantulkan sinyal ke satelit palapa atau satelit lainnya kemudian dipantulkan lagi ke antena vsat tujuan.


Keuntungan dari satelit sbb :

  1. Kecepatan akses tinggi
  2. Jaringan akses dengan kehandalanya mendekatai 100%
  3. Bisa dipasang dimana saja selama masuk jangkauan satelit sekalipun di kampung-kampung
  4. Tidak memerlukan telekomunikasi PSTN atau jaringan telepon
  5. Gangguan sinyal besarnya thought delay karena propagasi satelit geostasioner.
Nah selesai juga pembahasan hari ini sahabat semoga bermanfa'at ya buat selamanya tentang Cara mengatasi Masalah dan solusi dalam membuat sebuah jaringan komputer. Dan kunjungi bali halaman blog ini, sebab akan terus update setiap hari ini.